23 Des 2011

Liburan: Episode Bandung

Liburan Hanif semester ini kebetulan bertepatan dengan kepulangan ayahnya dan kedatangan Utinya dari Palangkaraya. Timbullah ide dari si ayah untuk ngajak jalan-jalan ke Bandung. Terakhir kali saya pergi ke Bandung adalah tahun 2003, mengunjungi temen SMA yang kuliah di sana. Ngga pergi ke mana-mana, secara yang dikunjungin sibuk banget kuliah. Waktu itu bisa ke Bandung juga gara-gara tanggal masuk kuliah diundur seminggu. Baru diberitahu hari Jumat padahal Senin harusnya sudah mulai masuk. Hehe...cuma kampus saya yang bisa begitu. Naah, setelah browsing-browsing akhirnya kami putuskan untuk ke De Ranch (karena ponakan kelas 2 SD suka naik kuda) dan Tangkuban Perahu. Transportnya sewa mobil dan ngga menginap karena pertimbangan budget.

Kami berangkat dari rumah jam 7 pagi, nyampe di De Ranch, Lembang sekitar jam 11-an. Agak lama karena sempat putar-putar di Purwakarta, maksudnya maw cari jalan pintas eh...ada kecelakaan. Putar balik lagi ke tol, alhasil jadi lama. Tiket masuknya murmer 5000 perak/orang dan bisa ditukar dengan welcome drink, boleh milih susu atau minuman hangat. Begitu masuk langsung disuguhi pemandangan food court yang bergaya koboi. Ketika itu cuacanya lagi mendung, jadi udaranya berasa seger dan dingin banget. Kami berlima langsung pengen makan hehe... Banyak pilihan di food courtnya, tapi saya dan ponakan penasaran sama sosis panggangnya. Wow...gendut banget. Harga makanannya ngga mahal koq. Setelah kenyang, baru deh main-main. Permainan pertama yang dicoba adalah perahu mini. Tiketnya 15ribu/orang, bertiga jadi 45ribu sepuasnya eh...secapeknya. Gimana ngga capek, ngejalanin perahunya pake pedal tangan. Capee deeh... Tapi Hanif cukup enjoy di perahu. Untung Hanif diem, klo banyak gerak perahunya gampang oleng. Setelah itu naik kuda poni, tiketnya 15ribu/orang, 2 kali putaran (400-an meter). Cuma si Dindha aja yang naik, Hanif ketakutan. Setelahnya, kami naik kereta kuda. Tiketnya 25ribu, bisa naik berempat saya, ayah, Hanif dan Dindha. Hehe...sebenarnya agak kasihan sama kudanya, maklum gerombolan siberat semua nih kecuali Dindha. Muternya lumayan jauh, hampir sekilo-an. Sebenarnya De Ranch punya banyak pilihan permainan, tapi Hanif ngga gitu tertarik dan si Dindha ngga mau kalo Hanif ngga ikutan. Jadi cuma tiga yang kami coba. Setelahnya kami main-main di lapangan, foto-foto trus sholat. Mushollanya kecil, tapi waktu kami ke sana lantai atas mushola sedang dibangun. Mungkin untuk perluasan. Yah...overall untuk De Ranch cukup menyenangkan. Plusnya tiket masuk murah, makanan affordable, suasananya enak. Minusnya mungkin tiket untuk permainannya harus bayar satu-satu, jatuhnya lumayan mahal kalo banyak yang dicoba.

Menjelang ashar, kami bertolak ke Tangkuban Perahu. Jaraknya sekitar 7 km dari De Ranch. Sepanjang jalan yang kami lewati sebenarnya banyak kuliner yang menarik, tapi sayang perut sudah penuh jadi ngga selera. Padahal udah kepikiran pengen tahu susu atau tahu tauhid. Yah...maybe next time. Tiket masuk Tangkuban Perahu 13ribu/orang plus mobil 10ribu. Begitu parkir, langsung disambut hujan. Akhirnya kami nunggu dulu di dalem mobil. Setelah agak reda, baru deh keluar. Banyaknya pedagang makanan agaknya menggoda iman Hanif. ‘Masak mi!’, serunya melihat pop mie. Dibujuk-bujuk makanan lain, tetep ngga mau, malah nangis kenceng yang bikin heboh seantero gunung *lebay.com. Akhirnya dikasih lah...hiks...tapi tanpa bumbu. Dengan lahapnya anakku makan sampe habis-bis...kayak orang ngga pernah makan mi...emang, padahal hambar anyep. Kami ngga jalan turun, cuma di sekitaran tempat parkir. Setelah puas jajan gorengan, foto-foto dan membeli beberapa kaos Tangkuban, kami turun menjelang magrib. Setelah ini rencananya maw mampir Cihampelas.

Rencana tinggal rencana. Macet bangeeeet, lebih parah daripada macetnya Arteri Pondok Indah di jam pulang kerja. Jalanan di Bandung mana sempit. Hujan deras dan penuhnya trotoar sepanjang jalan Cihampelas tak pelak membuat kami urung. Akhirnya muter-muter aja keliling kota. Mau makan di mana, bingung juga. Pas muter-muter, ngga sengaja lihat tulisan Trans Studio. Ayo...mampir. Pengen lihat aja gedungnya, meski ngga masuk.Muahal hehe, toh rugi juga Hanif masih kecil, ngga bisa coba banyak permainan tapi harus bayar full. Akhirnya kami sekalian makan di foodcourt Bandung Supermall. Pemandangannya mirip foodcourtnya Central Park di Jakarta Barat. Elite... Harganya sih standar mall-mall, cuma bayarnya yang ribet. Ngga terima cash, jadi mesti bikin Mega Cash (semacam kartu flazz BCA tapi punya Bank Mega), top up duit, baru deh bayar. Deuh...bayar aja ribet, apalagi ngga bayar ya hehe... Setelah kenyang, kami muter-muter dulu di mallnya. Oh ya, nyempetin juga foto di depan Trans Studio Store. Ngga beli apa-apa, harganya hmmm... Mudah-mudahan tar klo Hanif udah gede dan ada rejeki, kami bisa main ke Trans Studio. Kan udah punya Mega Cashnya hehe... Jam menunjukkan pukul 9.30 malam, akhirnya kami bertolak kembali ke Jakarta. Fin.