6 Mei 2024

Tentang Menulis

Hari ke-6 mulai bingung menulis apa. Bosan juga menulis review, apalagi jika sudah jeda lama dengan waktu membacanya. Harus dibuka dan dicermati lagi untuk bisa menuliskannya.

Ok saya akan menulis tentang menulis haha...maksudnya pengalaman saya dalam menulis. Sewaktu SD, saya paling suka mengarang. Seingat saya, dulu mapel Bahasa Indonesia sering sekali ditugasi mengarang. Sampai-sampai saya punya buku khusus karangan, dibuat Ayah saya menggunakan kertas bekas dari kantor yang dijilid sendiri. Kadang saya membuat cerpen, kadang juga cerita bersambung yang tak jarang mandeg di jalan ketika bosan, atau apapun kisah yang ingin saya tulis. Tulisan saya pernah dimuat empat kali, satu puisi di tabloid anak Fantasi (ini tugas sekolah yang saya kirimkan waktu SD), satu cerita singkat di Surabaya Post (di bagian anak yang ada hanya pada hari Minggu -saat SMP), dan dua kali cerita pendek di tabloid remaja Ti Amo (terbitan Surabaya Post juga -ini waktu saya SMA). Yang pertama dapat merchandise dan yang berikutnya dapat uang. Senangnya bukan main. 

Namun sebenarnya saya bukan termasuk sering mengirimkan cerita ke redaksi majalah. Mungkin sekitar 5 kali saja. Waktu SD dan SMP, sebenarnya saya merasa tidak terlalu percaya diri karena cerpen lain bagus-bagus. Kemudian ketika SMA dan berhijab, saya merasa cerita yang saya tulis tidak sesuai dengan hijab yang saya pakai. Walau berhijab, saat itu bacaan saya memang lebih banyak majalah remaja dibanding majalah islami (saat itu cuma ada Annida). Jadi tidak mudah menulis cerita islami. Mau menulis cerpen cinta-cintaan, malu lah udah jilbaban. Lagi-lagi tidak percaya diri. Ketika kuliah dan bekerja, menulis hanya sebatas tugas dan pekerjaan kantor. Pernah diminta mengisi majalan kantor tapi saya tolak karena tak pede (lagi). Blog ini saya buat ketika cuti di luar tanggungan negara selama 2 tahun sehingga memiliki banyak waktu luang. Namun postingannya tak terlalu banyak juga. Kadang saya terlalu perfeksionis sehingga lama untuk membuat satu postingan. Saat aktif kembali di kantor, sulit untuk meluangkan waktu kembali. Bahkan ketika sekarang menjadi dosen pun, saya masih menemui kesulitan untuk menikmati menulis. Selalu merasa kurang, akhirnya malah tidak jadi-jadi. 

Maka dari itu...saya ingin memulai kembali dengan langkah kecil, mulai dari hal yang mudah, yang saya suka, dan yang konsisten tanpa perlu sempurna. Bismillah...30 hari menulis bebas. Semoga bisa konsisten dan menikmati prosesnya...

# day6