6 Mar 2013

Resep: Donat Madu





Voila…another version of donut. Kadang saya sampai eneg bikinnya tapi Hanif teteup aja mau. Terinspirasi dari donat madu Cihanjuang, yang dibeli saat menjenguk anak seorang teman yang sakit. Tapi saya bikin yang pake gula tabur aja, males.com bikin toppingnya. Versi yang ini saya bikin donat beneran^^ pake telur maksudnya

Bahan:
250 gram tepung terigu (saya lebih suka pakai segitiga biru, setara 2 gelas munjung)
1 ½ sdm tepung kentang
1 sdm fermipan
½ sdm pelembut roti (boleh diskip, saya pakai soft bread big one)
1 kuning telur
3 sdm madu
1 sdm gula
2 sdm margarin
120 ml air


Cara membuat:
1. Campur bahan kering tepung, fermipan, tepung kentang, pelembut roti, gula sampai berbulir-bulir.
2. Masukkan kuning telur, madu, dan air. Uleni sampai menggumpak jadi satu.
3. Masukkan margarin, uleni lagi sampai kalis. Jika masih lengket, bisa tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sampai tak lengket.
4. Jika sudah kalis, teksturnya halus dan melar, bulat-bulatkan sesuai selera. Letakkan di nampan/Loyang bertabur terigu, tutup kain serbet dan diamkan 1 jam.
5. Setelah 1 jam, lubangi donat dengan telunjuk dan goreng dengan api kecil.

Untuk 12 biji (sesuai foto), kalau dibikin kecil jadi 18 biji.