8 Jan 2012

Donat Tanpa Telur


Ketika tahu bahwa bikin bakpau itu ngga pake telur, saya iseng mencari resep donat tanpa telur. Eh, ternyata ada. Hanif memang demen banget sama donat, kalau lihat donat di warung dan ngga dibeliin nangisnya sampai bergulung-gulung di tanah. Kata ayahnya ‘lha waktu hamil makan donat mulu’. Haha...iya juga, saya ngidam dunkin waktu hamil. Belinya jauh bo, dari Jakarta. Maklum waktu itu di Balikpapan belum ada Dunkin. Jadinya tiap pulang ke Balikpapan, ayahnya selalu beli Dunkin. Bikinnya tetap harus pake terigu sih...yah apa boleh buat daripada beli yang ngga jelas bahannya.
Bahannya:
1 gelas terigu
½ sdm tepung kentang
½ sdm ragi
1,5 sdm gula pasir
½ sdt baking powder
80 ml air es
½ sdm margarin
Coklat pelapis secukupnya (coating chocolate)
Caranya:
1. Campur tepung, ragi, gula, BP dan air. Uleni sampai menggumpal jadi satu.
2. Masukkan margarin, uleni sampai kalis sambil dibanting-banting (lumayan buat pelampiasan hehe...).
3. Tutup dengan serbet, diamkan satu jam
4. Kempiskan adonan, bulat-bulat sesuai selera dan bentuk donat.
5. Goreng dengan api kecil pake sumpit.
6. Hias dengan coklat pelapis.
Untuk 9 biji
Saya biasa bikin dalam jumlah sedikit, karena kalo bikin banyak, Hanif makannya makin banyak. Hanif juga senang ketika ikut terlibat membuatnya. Kalau dia udah rewel minta donat, saya bilang ‘yuk bikin dulu’ dan dia diam. Saya biarkan ia ikut mengaduk saat mencampur bahan kering, bahkan ikut mencicipi adonan mentahnya. Hitung-hitung belajar menunggu...
Soal rasa, emang lebih enak yang pakai kuning telur. Eggless donut ini terasa lebih kering tapi tetap empuk koq meski seharian. Coklat pelapisnya juga saya pilih yang tanpa susu. Sudah ada kandungan gulanya tapi ngga manis banget, jadi cukup dilelehkan then dip the donuts in it!

Hanif dan donatnya...the last three...