26 Feb 2013

Resep: Bolu Polkadot




Bagi yang sering bikin bolu kukus ngga mekar, mungkin ini salah satu solusinya. Biar ngga mekar tapi tetep cantik. Resepnya saya contek dari milis NCC, dengan adaptasi sana-sini, menyesuaikan stok di lemari dapur.
 
Bahan:
3 butir telur 
220 gram gula pasir (saya 200 gram) 
1 sdt emusifier (ngga pake, ngga punya) 
275 gram tepung terigu (saya 250 gram) 
3 sdt baking powder 
150 ml susu cair atau santan (saya air aja) 
1 sdt vanili (saya ganti pasta coklat)
Selai untuk filling (ngga pake, ngga punya)
 
Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula, dan emulsifier 8-10 menit. 
  2. Kocok dengan kecepatan rendah, masukkan tepung terigu, BP, air/susu dan vanili. Berhubung saya ngga ada vanili, saya akalin dengan pasta coklat untuk adonan utama supaya kue ngga amis, sementara polkadotnya yang putih. 
  3. Sisihkan 2 sdm adonan untuk hiasan, masukkan dalam plastik dan gunting ujungnya. 
  4. Campur 2 sdt pasta coklat ke adonan utama. 
  5. Alasi cetakan dengan cup kertas (saya pakai cetakan aluminium foil) dan tuang adonan sampai hampir penuh (kira-kira sisa 2 mm). Kalau pakai filling, tuang separuh cup, isikan filling, lalu tutup lagi dengan adonan.
  6. Buat hiasan polkadot di atasnya, bisa divariasi spiral atau spiderweb. 
  7. Panaskan kukusan, lalu masukkan cetakan. Jangan terlalu rapat. Kukus dengan api kecil selama 10-15 menit (karena cup foil saya besar, saya kukus 15 menit). Api harus kecil untuk mencegah bolu ngakak, bisa juga diakali dengan memasukkan telur ke kulkas terlebih dahulu.

Hasil: Percobaan pertama ini teksturnya agak bantet dikit. Percobaan kedua pakai filling selai stroberi dan pewarna merah, sukses... Kata temen empuk dan ada suprise-nya di bawah. Hehe...secara selainya melorot sampai dasar kue.

Untuk 12 biji, pakai cup kertas bolkus yang besar.