24 Mei 2012

Bolu Klemben




Ceritanya ibu-ibu wali murid PG pada pengen belajar bikin bolu. Nah, karena rumah saya yang paling deket dengan sekolah jadilah kami berlima belajar bikin bolu di rumahku. Lho koq berlima? Yang lain banyak yang berhalangan. Sengaja dipilih bolu yang gampang, bolu klemben aka bolu ban vespa (vespa  sapa juga ya?) dan ngga perlu pake timbangan horeee (yang ngga punya timbangan seneng^^). Resepnya dari Bu Dewi, mamahnya Dinda. Sayang Hanif ngga bisa makan, jadi bikinnya sengaja pas Hanif sekolah. Setelah dimakan bareng ibu-ibu dan dibagi-bagi, sisa 2 potong sempat saya abadikan sebelum dilahap si ayah. 

Bahan: 
5 butir telur 
250 gram terigu (beli di warung yang udah dibungkusin 1/4 kg)
250 gram gula pasir 
180 gram margarin (beli sachet 200gram,sisain sedikit)
1 sdm maizena 
Vanili secukupnya 
½ sdt BP 
Pasta cokelat secukupnya 

Cara membuat: 
  1. Lelehkan margarin, sisihkan. 
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. 
  3. Masukkan terigu dan margarin leleh ke adonan terigu. Aduk sampai rata. 
  4. Tuang adonan ke loyang/baking pan yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu. Sisakan sedikit adonan (kurleb 5 sdm). 
  5. Campur sisa adonan dengan pasta cokelat, lalu tuang kembali ke loyang. Buat motif dengan cara melingkar-lingkarkan lidi ke adonan di loyang. 
  6. Panggang di kompor api sedang sampai bau harum roti keluar (kira-kira 20 menit), tusuk bolu dengan lidi untuk mengecek apakah bagian dalam sudah matang. Angkat jika telah matang.