4 Des 2012

Rental Buku di Bintaro

Dulu saya hampir tak pernah melewatkan setiap event book fair, kini sebaliknya saya hampir tak pernah lagi ke book fair. Pertimbangannya banyak, selain penghematan budget membeli buku, kadang diskon yang didapat impas dengan cost perjalanan saya menuju lokasi book fair, dan kecenderungan perempuan (saya maksudnya) gelap mata kalau lihat diskon padahal bukunya ngga perlu banget. Jadilah buku menumpuk di rumah tanpa sempat terbaca dengan alasan sibuk ngantor, ngurus anak, dll. Kini saya berusaha lebih bijak terhadap passion buku saya, apalagi kenyataannya saya tak sebebas dulu dalam membelanjakan uang. Akhirnya mulailah saya kembali pada persewaan buku, hal yang dulu sangat akrab dengan akhir pekan saya di masa SMU. Ada dua tempat persewaan buku di Bintaro yang lumayan sering saya sambangi dan akan saya review di tulisan ini.

Yang pertama adalah Elex Comic Center. Dulu lokasinya di Ruko Multiguna, Bintaro sektor 3A tapi sejak setahun lalu pindah ke Ruko Kebayoran Arcade. Dari namanya tadinya saya pikir toko komik. Ternyata tak sepenuhnya salah, ECC adalah toko buku merangkap rental. Lantai 1 khusus menjual komik, lantai 2 menjual buku selain komik dari berbagai penerbit, dan rental bukunya ada di lantai 3. Untuk jadi member, syaratnya isi formulir dan bayar 50 ribu (10 ribu pendaftaran, 40 ribu deposit sewa). Kelebihan ECC adalah koleksi komiknya lumayan lengkap terutama komik-komik baru, kadang tiap jilid sampai ada 2 buku untuk komik yang diminati. Member juga mendapat diskon 10% tiap pembelian buku di ECC, pada event khusus (biasanya akhir bulan pas lagi bokek) diskonnya bisa sampai 30%. Ada juga fasilitas baca di tempat (sampe puas) dengan membayar 7.500 untuk member dan 15.000 untuk nonmember. Trus yang enak lagi, kadang kita bisa request novel baru untuk disewakan. Biasanya akan langsung dikabulkan kalau bukunya terbitan Gramedia grup, tinggal ambil di lantai bawahnya kan. Kekurangannya mungkin lokasinya yang jauh dan koleksi novelnya juga tak terlalu lengkap, masih kalah banyak dengan komiknya. Harga sewanya 13% dari harga beli buku dan dendanya 30% dari harga sewa per hari. Lama sewa maksimal 7 hari.

Rental buku yang kedua adalah Beebook, terletak di Jalan Bintaro Permai Pondok Betung. Adanya di pengkolan sebelum tempat futsal dan brimob (kalo ngga salah haha...ngga jelas ya). Tokonya nyempil di pojokan, kayaknya sudah ada sejak saya masih kuliah deh. Cuma baru saat saya di rumah ini, saya sempetin ke sana. Meski tempatnya kecil, koleksi novelnya lumayan lengkap. Pemiliknya ibu-ibu seumuran ibu saya, beliau kerap merekomendasikan buku apa saja yang bagus. Kadang beliau belum baca tapi anaknya sudah baca katanya. Pantesan koleksinya bagus-bagus dan up to date, ternyata yang punya demen baca juga. Syarat pendaftarannya cuma fotokopi KTP dan bayar 10 ribu untuk selain pelajar dan pelajar bayar 5 ribu. Kelebihan Beebook tentu koleksi novelnya yang beragam dan up to date, lalu pemiliknya yang friendly dan pandai merekomendasi. Kekurangannya koleksi komiknya ngga terlalu banyak, malah saya lihat banyak komik lama tapi ada juga yang baru. Harga sewa novel antara 4 ribu sampai 10 ribu, lama sewa 7 hari (walau tertulis 3 hari). Belakangan baru saya tahu kalau sewa novelnya banyak, ternyata lama waktu sewanya bisa lebih panjang lagi. Tapi jeleknya, kasihan yang ngantri pengen pinjam buku yang sama seperti yang pernah saya alami. 

Nah, dengan adanya rental buku, saya tetap bisa membaca buku tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam plus tak menambah tumpukan buku di sudut kontrakan saya yang sudah sempit. “Rent-read-review”, slogan Beebook itu sepertinya lebih sesuai bagi saya sekarang ini^^.