4 Des 2012

Membaca Ebook di Nokia E63


 
Di era digital kini, kita bisa membaca buku dalam bentuk elektronik melalui PC, tab, maupun smartphone. Meski saya masih jauh lebih suka buku cetak, format ebook mengakomodir keinginan saya membaca buku-buku yang belum terbit versi cetaknya di Indonesia atau tidak tersedia di rental (hehe...ini alasan orang kere yah). Banyak free ebook yang bisa didownload dari internet. Cara paling gampang dan praktis untuk membaca ebook adalah melalui smartphone yang hampir semua orang punya dan pasti dibawa ke mana-mana. Jadi tak ada alasan untuk tidak sempat membaca. Berhubung HP saya Nokia E63, kali ini saya akan menulis tentang cara membaca ebook di HP yang saya punya. Bisa jadi cara ini juga sama untuk HP lain yang ber-OS Symbian. 
Cara pertama, menggunakan PDF reader yang sudah terinstall di dalam E63. Cara ini efektif untuk ebook berformat PDF, dengan font yang agak besar. Jika fontnya kecil, huruf tetap tidak terbaca ketika di zoom- to fit width. Kalau di-zoom in sampai teks terbaca jelas, halamannya akan jadi tidak pas satu layar. Jadilah tangan pegel karena harus scroll kanan kiri setiap baca 1 baris.
Nah cara kedua, pakai quickword (quickoffice) yang juga bawaan E63. Tentu yang dibaca harus berekstensi .doc. Pakai quickword lebih enak, karena font bisa diperbesar sesuai dengan keinginan dan tampilan layar akan menyesuaikan tanpa harus scroll kanan kiri. Format PDF juga bisa dicopy-paste ke word lewat PC, trus disave msword 97-2003 agar bisa dibuka di quickword. Kelemahan quickword kita tidak bisa menandai halaman yang terakhir kita baca karena memang tak ada halamannya. Tapi hal ini bisa diakali dengan ‘switch to editing mode’ lalu tambahkan teks sebagai penanda, bisa pakai nama atau kata unik yang tak ada di dalam ebook dan disave. Jadi setiap kita mau baca lagi, tinggal ‘find’ kata penanda.
Cara ketiga saya ketahui baru-baru ini, ternyata ada ebook reader untuk smartphone berbasis symbian. Namanya Albite Reader. Aplikasi ini bisa membaca format epub dan txt. Kelebihan epub, selain banyaknya ebook yang berformat epub, size file epub biasanya kecil sehingga mempercepat proses mendownload. Fitur Albite Reader sama seperti ebook reader, bisa ganti ukuran font, warna layar, ada bookmarks, dll. Aplikasinya bisa didownload secara gratis di http://albite.org/reader . Ada beberapa versi albite reader, bacalah dulu keterangan HP apa saja yang compatible untuk tiap versi. Kalau tidak salah, yang saya download Albite Reader 2.2 yang no touch (saya agak lupa juga). Kalau kelemahannya,pengalaman saya waktu membuka aplikasi dan loading setiap chapternya agak lama. Entah karena HP saya yang emang lemot atau dari aplikasinya.

beginilah tampilan albite reader...

Update 25 Maret 2013:
Cara keempat adalah memakai ebook reader Bubue Book Reader. Aplikasi ini bisa membaca file .txt dan .epub. Kelebihannya dibandingkan albite adalah adanya bookshelf yang memudahkan kita memilih koleksi ebook, efek membalik kertas sehingga berasa membaca buku beneran^^ dan loadingnya cepat. Aplikasi ini juga tetap terbuka jika kita membaca sms yang diterima saat tengah membaca ebook. Namun di sisi lain fitur yang ditawarkan Bubue tak selengkap Albite hanya ada change font, jump page, dan chapter list, minus bookmark, night mode dan find word. Bubue Book Reader bisa didownload secara gratis di ovi store maupun berbagai webblog. Untuk Nokia E63, saya memakai Bubue versi 1.20.

bookshelf di bubue
tampilan ebook bubue
Anyway, ada banyak jalan ke Roma dan ada banyak cara juga untuk tetap membaca kapan pun dan di mana pun. Happy reading and keep reading!!!