25 Mei 2024

Membaca Ebook Legal di Ereader Kobo (Tanpa Kartu Kredit)

Sejujurnya dulu saya sering membaca ebook ilegal hasil download dari berbagai forum. Kemudian seiring bertambahnya umur, saya sadar dan mulai beralih ke ebook yang legal. Saya pernah mencoba apply kartu Jenius demi bisa membeli ebook Kindle di Amazon. Tapi entah kenapa gagal verifikasi dan tidak mendapat penjelasan alasannya. Pilihan berikutnya adalah Google Playstore, yang cukup pakai saldo OVO atau Gopay untuk membeli ebook dan dibaca di Google Books. Memang pilihannya tidak sebanyak di Amazon, tapi toh waktu saya untuk membaca tak lagi seleluasa dulu jadi harus selektif membaca buku dan tidak perlu banyak-banyak pilihan buku. Kemudian ketika saya membeli Kobo, salah satu pertimbangannya adalah bisa membaca ebook dari Google Playstore. Prosesnya agak sedikit rumit. Di sini saya akan menjabarkan garis besarnya dan menyertakan link untuk langkah detailnya dari web Kobo.

                                                       

Cara memindahkan ebook dari Google Play ke Kobo:
  1. Menginstall ADE (Adobe Digital Edition) di PC
  2. Membuat akun Adobe ID (buka ADE - klik Help - Authorize Computer - Ebook Vendor: Adobe-Create Adobe ID - isi form sampai selesai)
  3. Melakukan otorisasi terhadap PC (Authorize Computer - isi Adobe ID dan password yang telah dibuat)
  4. Melakukan otorisasi terhadap Ereader Kobo (hubungkan PC dan Kobo dengan microUSB - klik Connect di Kobo - buka ADE di PC - Kobo Ereader akan muncul di sidebar kiri - klik kanan di Kobo Ereader - klik Authorize Device)
  5. Beli ebook di Google Play dan bayar pakai OVO/Gopay.
  6. Mengekspor ebook dari Google Play. Caranya buka Google Play di PC, pilih tab Books dan ekspor ebook yang sudah dibeli dari your library dalam format file .acsm (bisa pdf atau epub atau ada opsi untuk memilih di antara keduanya).
  7. Membuka ebook tersebut di aplikasi ADE di PC.  
  8. Memindahkan ebook ke library Ereader Kobo yang sebelumnya sudah terotorisasi (drag ebook dari library ADE ke Kobo Ereader). 
  9. Eject Ereader dan ebook akan otomatis masuk ke Kobo ereader.
Cara ini memastikan ebook hanya beredar di pemiliknya yang sah. Ebook yang dibeli dari Google Playstore dilindungi DRM (Digital Right Management) sehingga tidak bisa dibuka di perangkat yang tidak terotorisasi. Ohiya, langkah 1-4 hanya perlu dilakukan sekali. Selanjutnya tinggal mengulang langkah 5-8. Link langkah detail disertai gambar ada di sini.

Di kemudian hari saya mengetahui cara yang lebih mudah yakni membeli via Kobo App di HP. Sebenarnya di Kobo ereader juga bisa mengakses Kobo Store, namun pembayarannya hanya bisa dengan kartu kredit (kan saya ga punya ya).

                                                      
Cara membeli ebook dengan Kobo App:
  1. Download Kobo App di Google Playstore ke HP Android.
  2. Login dengan menggunakan akun yang sama dengan akun Kobo di ereader
  3. Pilih buku yang diminati dan ikuti langkah sesuai petunjuk aplikasi. 
  4. Saat pembayaran akan diarahkan ke Google Play. Jika Google Play kita terhubung dengan OVO atau Gopay, maka pembayaran akan langsung dikonversi ke rupiah dan bisa dibayar dengan OVO atau Gopay. Kursnya lumayan bersaing, minggu lalu saya membeli ebook $9,58 dan membayar Rp138ribuan. 
  5. Ebook yang kita beli akan otomatis masuk ke Kobo ereader hanya dengan klik Sync di ereader. Di Kobo app juga ada free ebook dan ebook under $2. Scroll aja sampai ke bawah atau pakai search engine untuk eksplor judul-judul ebooknya di Kobo App.  
Long story short, pembelian ebook via Google Play proses transfernya agak rumit tapi banyak pilihan buku berbahasa Indonesia. Untuk pembelian di Kobo App, proses sinkronisasi ebooknya lebih mudah namun ebook yang dijual berbahasa Inggris. Oh iya, baik Google Books dan Kobo App, ebook yang dibeli tetap bisa kita akses di HP android walau sudah kita transfer ke ereader. Cukup mudah bukan? Tidak perlu apply kartu kredit. Yuk beli ebook original. Happy reading✌😊