2 Mei 2024

Film: Sleepless In Seattle



Gara gara habis nonton TAOL, saya jadi kangen dengan film romcom favorit saya sepanjang masa, Sleepless In Seattle. Film ini diperankan oleh Meg Ryan dan Tom Hanks.
Cerita sedikit ya tentang alurnya. Sam (Tom Hanks) adalah duda yang baru pindah ke Seattle bersama anak laki-lakinya, Jonah. Suatu hari Jonah menelpon siaran radio (siaran curhat gitu) dan berakhir dengan Sam yang menceritakan tentang mendiang istrinya kepada penyiar yang menjulukinya Sleepless in Seattle. Siaran tersebut menjadi viral sehingga membuat Annie (Meg Ryan) seorang jurnalis menjadi tertarik, kemudian menuliskan surat untuk bertemu di Empire State Building. Jonah yang membaca surat Annie merasa itu adalah jodoh yang tepat bagi ayahnya. Hal ini karena Annie menuliskan untuk bertemu di Empire State Building di hari Valentine -terinspirasi oleh film An Affair to Remember yang dianggap simbol cinta sejati-. Sam menentang Jonah karena jarak Seattle-New Yok bagai Sabang-Merauke (dari ujung ke ujung). Jonah pun kabur ke New York dan endingnya sebagaimana pakemnya romcom.
Yang unik dari film ini bagi saya adalah dua tokoh utamanya sama sekali tidak pernah mengobrol dan hanya berpapasan atau melihat dari jauh saja sampai ending cerita tapi romansanya tetap "dapet". Ngobrol aja engga, apalagi skinship. Mungkin bisa dibilang cinta pada pandangan pertama bagi Sam atau pada pendengaran pertama bagi Annie. Kalau dipikir memang agak tidak realistis ya, tapi justru itu esensinya film kan. Kalau cari yang realistis ya dunia nyata aja haha.  
Film ini dibuat tahun 1993, namun saya baru menontonnya di tv sekitar tahun 1998/99. Saya ingat malam itu harusnya belajar matematika untuk ulangan harian kelas 1 SMA. Namun karena ada film bagus, jadi saya menunda belajarnya ke waktu subuh. Demi...entah dapat nilai berapa ulangan waktu itu. Yang berkesan cuma filmnya haha...sampai pagi-pagi saya pun siaran ulang ke teman sebangku. I'm a such storyteller memang. 
Film ini pun kemudian mendorong saya untuk menonton An Affair to Remember -yang digadang-gadang simbol true love di film ini- serta film reunited-nya Hanks dan Ryan You've Got Mail (yang ini saya tonton waktu SMA kelas 2 atau 3). See...always snowball watching:).

#day3