2 Mei 2024

Film: The Architecture of Love



Kali ini saya akan reviu film yang baru banget ditonton...The Architecture of Love (TAOL). Sejak tahu bakal jadi difilmkan, jujur saya pengen banget nonton ini. Alasannya karena dari semua novel Ika Natassa yang difilmkan, TAOL ini yang paling sweet ceritanya (menurut saya). Tahu kan ya selera film saya romcom yang happy ending.
Kesan pertama saat nonton, sinematografinya bagus banget. Very eyes pleasing, pemandangan beberapa lanskap New York yang megah, dan sudut pengambilannya gambarnya juga apik. Saya jadi berasa nostalgia film romcom You've Got Mail yang vibenya sedikit mirip. 
Tentang ceritanya secara garis besar sama dengan novelnya. Ada perbedaan di beberapa detail seperti penyebab perceraian Raia karena suaminya selingkuh (di novel engga), panggilan Bapak Sungai ke River dilakukan Raia seperti halnya almh istri River (di novel hanya Raia memanggil demikian, sementara River memanggil Ibu Hari Raia bukannya Ibu Gentong), Raia kerja di toko buku selama di New York (di novel engga), novel baru Raia ada judulnya di film (omg!), tapi yang paling menggangu perubahan ending terkait Diaz. Ya paham sih penyesuaian plot diperlukan untuk mempercepat  sehingga pas durasi film dan memperkuat pesan dari film, which is tentang keberanian untuk mencintai (lagi). Tapi masa iya semua pemeran cowoknya harus falling for Raia (ups spoiler wkwk).
Anyway, kalau acting sih ga usah diragukan ya. Nicsap dan Putri Marino juara banget chemistrynya. Meski gambaran saya tentang penampilan River di novel agak lebih dark and messy dibanding di film (di novel Rivernya merokok juga). Pemeran lainnya juga bagus. Ada pemeran Erin yang seksi (saya yang cewek aja demen lihatnya^^), dan Aga yang agak awkward tapi baik banget sm abangnya. 
Overall, saya menikmati filmnya. Bagi yang ingin dapet feel yang lebih dalem, bisa baca novelnya (di situ si River ngilang timbulnya lebih lama).  Tapi di film kyknya lebih banyak kissingnya ya, agak risih jg saya (padahal kalau film korea atau barat fine aja haha...standar ganda).

Prop Novel Raia

Credit photo: ig @ikanatassa

#day2