11 Nov 2012

Resep: Donat Gula Tanpa Telur

Masih modifikasi dari resep eggless donut. Tak seperti donat yang pakai kuning telur, donat tanpa telur akan menjadi keras ketika sudah dingin. Kalau sudah keras, sudah pasti engga kemakan. Nah, solusinya dengan mengurangi takaran gula di adonan atau meniadakannya

Bahan:
1 gelas terigu segitiga 
1 sdt gula pasir (boleh juga dihilangkan) 
1 sdt ragi instan 
½ sdm tepung kentang 
80 ml air 
1 sdm margarin 
Gula donat secukupnya

Cara:
  1. Campur terigu,gula, ragi, tepung kentang dan air sampai menggumpal jadi satu. 
  2. Tambahkan margarin lalu uleni sampai kalis. 
  3. Bentuk bulat-bulat sesuai selera, letakkan di atas nampan kayu, beri jarak antar bulatan. Tutup nampan dengan serbet bersih, diamkan 45-60 menit. 
  4. Buat lubang di tengah adonan sambil diangkat, goreng dalam minyak panas sedang sampai setengah matang ( donat sudah berkulit dan masih kuning pucat). Jika hendak dimakan, donat digoreng kembali sampai kecoklatan. Sajikan dengan gula donat.
Menggoreng donat setengah matang juga bisa dipakai ketika donat tak habis dalam sehari. Donat bisa dimasukkan ke kulkas dan digoreng lagi saat hendak dimakan. Sedikitnya kandungan gula dalam adonan donat akan membuat donat tak cepat gosong dan warnanya tetap cantik walau 2 kali goreng. Trik ini terinspirasi dari mbak-mbak penjual donat homemade di mall-mall. Dengan cara ini, pelayanan jadi lebih cepat karena penggorengan kedua waktunya lebih singkat. Selain itu, rasa donatnya juga tetep enak karena ngga kelamaan terfermentasi. Selamat mencoba^^.

yang 6 biji digoreng setengah matang, yang 3 digoreng matang

donat gula siap dimakaan...ukurannya ngga sama ya hehe...