7 Des 2016

Resep: Nasi Liwet Ala Ala


Wiken lalu saya ketempatan pengajian. Mikir mau bikin apa ya. Seringnya sih beli kue aja atau bikin bihun. Tapi bosen lah. Ngelirik di pojokan dapur ada panci presto yang mulai debuan hehe.... Akhirnya diputuskan masak nasi liwet pakai presto...
Bahan:
2 liter beras 
250 gram teri medan, goreng hingga krispi
3 siung bawang putih, iris
6 siung bawang merah, iris
3 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
2 batang sereh, geprek
3 cm laos, potong 3 dan geprek
Garam secukupnya (saya pakai 1 sdt peres)
Air secukupnya (1,5 ruas jari telunjuk dari permukaan beras)

Cara membuat:
1. Cuci beras. Tumis bawang merah dan putih dengan sedikit minyak di panci presto. Setelah harum, masukkan beras dan tambahkan air.
2. Ukur air 1,5 ruas jari telunjuk dari permukaan beras. Masukkan daun jeruk, salam, sereh dan laos. Tambahkan garam dan separuh bagian teri goreng lalu aduk rata.
3. Tutup panci presto. Masak dengan api besar sampai berdesis. Setelah berdesis, kecilkan api dan masak selama 10 menit.
4. Setelah 10 menit, matikan api dan tunggu selama 15 menit sebelum membuka katup dan tutup panci presto.
5. Nasi liwet siap disantap dengan taburan teri goreng.

Hasilnya bisa untuk 10 orang. Yumm...buatnya gampang dan cepat. Saya cuma menyiapkan telur dadar iris, teri goreng, kerupuk dan sambal sebagai pelengkapnya. Klo tempe goreng yang difoto itu, tempe sisa kemaren haha...dibuang sayang ya akhirnya dibuang ke perut aja. Selesai difoto, seporsi langsung amblas:p. Alhamdulillah Hanif juga doyan. Selamat mencoba^^. Next time mau coba pakai magic com aah....