7 Des 2016

Resep: Homemade Susu Kedelai


Saya lagi demen susu kedelai. Alhamdulillah Hanif doyan (walau hanya 1 gelas sehari) dan ayahnya juga mau (kadang-kadang sih). Makanya saya makin seneng bikinnya^^. Resepnya saya baca di instagram, lupa nama ig-nya *saking kebanyakan yang distalking:p

Bahan:
250 gram kedelai, rendam minimal 2 jam (saya biasanya sebelum tidur untuk dibikin pagi)
Air total 1500 ml
Daun pandan 3-4 lembar

Cara membuat:
1. Tiriskan kedelai yang sudah direndam. Masukkan ke blender, tambahkan 1000 ml air. Blender kurleb 30 detik.
2. Saring air kedelai dengan kain. Sisihkan ampasnya, tambahkan 500 ml air, aduk dan saring lagi dengan kain.
3. Rebus sari kedelai dengan pandan sambil diaduk-aduk. Kalau mengaduk sampai dasar ya karena biasanya ada endapan yang lengket. Setelah mendidih, segera matikan api dan biarkan dingin sebelum dimasukkan ke kulkas.

Saya sengaja bikin yang engga manis karena selera kami bertiga berbeda. Jadi tinggal tambah gula di gelas sebelum diminum. Kadang saya pakai sebagai campuran di resep puding silky untuk Hanif. Selamat mencoba^^