20 Apr 2013

Resep: Cake Tape Keju



Gara-gara ada temen sekantor yang hobi banget beli cake tape, saya jadi mikir bisa ngga sih saya bikin. Tertantang nih ceritanya hehe... Resepnya saya contek dari resepnya Mba Erna Lubis di milis NCC.

Bahan:
3 butir telur utuh
1 kuning telur (saya ngga pake)
125 gram tepung terigu
125 gram margarin
100 gram gula kastor/gula halus
200 gram tape singkong yang empuk
1 sdm susu kental manis
25 gram keju parut untuk campuran (saya pakai kraft kecil 35 gram)
12,5 gram keju parut untuk taburan (ngga pake)
1/2 sdt BP (tambahan dr saya)
1/2 sdt vanilli (tambahan dr saya)

Cara:
  1. Pisahkan kuning dan putih telur, sisihkan. Kocok margarin bersama gula kastor sampai lembut dan creamy, lalu masukkan kuning telur satu per satu. Kocok sampai rata.
  2. Lumat tape singkong sampai lembut, campur dengan susu kental manis.
  3. Cuci whisk mixer, lap sampai kering dan gunakan untuk mengocok putih telur sampai kaku.
  4. Masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk rata. Masukkan tepung terigu(sduah dicampur dengan BP dan vanilli) dan tape sedikit demi sedikit secara bergantian, aduk hingga adonan terlihat homogen.
  5. Olesi cetakan dengan margarin (saya pakai happy call), lalu tuang adonan dan ratakan. Boleh ditambah kismis atau keju parut di atasnya, saya tidak pakai karena happy call tidak bisa membuat permukaan cake kering sebagaimana pakai otang.
  6. Panggang dengan api sangat kecil kurleb 8 menit, balik dan panggang kurleb 3 menit. Angkat dan sajikan.
Hasilnya lumayan sih, ngga se-mumbul (mengembang-red.) bolu klemben. Kata si ayah enak, ngga terlalu manis. Hanif juga doyan.