25 Sep 2012

My First Jilbab



Beberapa waktu yang lalu, saya memperingati genap 13 tahun saya memakai jilbab. Bukan waktu yang sebentar, pun tak lantas berbanding lurus dengan kualitas iman saya –yang masih jauuuh dari standar ideal saya akan seorang muslimah. Mengingat masa-masa jilbaban pertama, saya cukup takjub bahwa saya bisa mendapatkan hidayah. Lahir di keluarga yang lumayan moderat terhadap agama, bahkan sampai SMA kelas 1 saya tahunya menutup aurat –pake jilbab- itu sunnah hukumnya. Suatu saat ketika Ospek SMA, saya diminta membacakan An Nuur 31 oleh seorang kakak kelas dan diterangkan panjang-lebar artinya kewajiban menutup aurat dsb. Saat itu pun saya masih berfikir “duuh, fanatik amat yak”. Tapi kersaning Gusti Allah, saya mulai senang melihat akhwat berjilbab. Kesannya adem. Sempat ditentang oleh ibu saat saya mengutarakan niat jilbaban, mungkin karena ibu saya meragukan niat saya hehe... Wong sholat subuh aja masih susah dibangunin. Akhirnya saya pun bernadzar “kalau saya bisa punya SIM dan naik motor ke sekolah, saya mau jilbaban”. Waktu itu saya belum bisa naik motor sama sekali dan saya berpikir akan sedikit sulit untuk saya bisa naik motor. Secara sejak kecil motorik kasar saya memang agak terlambat, buktinya saya baru bisa jalan di usia 2 tahun dan bisa naik sepeda roda 2 di kelas 5 SD. Telat banget yak... Tapi alhamdulillah, Allah mempermudah. Dalam waktu 2 bulan saya sudah mengendarai motor ke sekolah dan telah mengantongi SIM (nembak wkwk...*jangan dicontoh). Alhamdulillah pula, ternyata ayah saya sangat mendukung saya pakai jilbab bahkan langsung ngeluarin uang untuk beli seragam baru. Horeee...tahu gitu dari kemarin bilang langsung ke ayah saya aja ya... Akhirnya seminggu sebelum ujian cawu III kelas 1 SMA, saya resmi berjilbab. Ngga langsung konsisten sih, radius 10 meter dari rumah ngga apa ngga make jilbab. Hehe...takut tukang basonya ngga kekejar. Seiring berjalannya waktu, alhamdulillah saya dipertemukan dengan teman-teman yang baik, yang selalu menguatkan saya untuk terus bertahan dalam keimanan. That’s it, history-nya agak konyol yah. Sekarang setelah 13 tahun, saya bersyukur saya masih terus dijaga oleh Allah. Melihat jilbab begitu trending saat ini, saya juga gembira meski belum cukup pede untuk ikutan trend. Waktu zaman saya sekolah, pilihan model jilbab cuma segi empat dan bergo babat, sekarang subhanallah modis-modis dan berbagai macam gaya. Dulu di angkatan saya, jumlah jilbaber bisa dihitung dengan jari, kini jilbab is everywhere. Semoga dengan memasyarakatnya jilbab, berbagai birokrasi juga dimudahkan untuk jilbaber seperti diperbolehkannya foto berjilbab di ijazah dan SKCK. Kasihan banget ada teman yang harus foto berjilbab tapi telinganya kelihatan demi SKCK. Semoga Allah senantiasa menjaga dan memudahkan langkah kami semua, para muslimah. Amiin...