17 Jun 2012

Kue Mangkok


Hanif doyan banget makan kue mangkok yang 5000-an isi 5. Saking seringnya beli jadi terpikir untuk coba bikin sendiri. Percobaan pertama gagal total alias bantet. Yang kedua kalinya baru sukses horee... Tapi setelah dipikir-pikir nyiapin bahannya cukup ribet, harus ada tape singkong dan air soda. Pernah diganti pakai ragi instan, yaah...Hanif ngga doyan karena terlalu berasa tape/asem. Jadi mendingan beli aja deh hehe. Sing penting sudah pernah coba dan sukses toh *dasar males.com

Ini dia resepnya (dari resep Fatmah Bahalwan NCC)
Bahan:
Adonan I  : 125 gram tape singkong
                  150 gram gula pasir (aslinya 175 gram)
Adonan II : 100 gram terigu
                  150 ml air
                  50 gram gula pasir (aslinya 75 gram)
Adonan III: 200 gram tepung beras
                  200 ml air dingin
150 ml air soda
1 sdt baking powder
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:
  1. Campur bahan adonan I hingga rata, sisihkan. Masak 150 ml air dan gula (adonan II), lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit. Airnya tidak perlu sampai mendidih, cukup sampai gula larut.
  2. Campur bahan adonan III, lalu masukan adonan I dan adonan II, aduk terus sampai rata. Saring dengan saringan kawat.
  3. Masukkan air soda dan baking powder. Diamkan selama 3-5 jam di tempat hangat (misal: dekat magic com).
  4. Setelah didiamkan, adonan akan terlihat mengembang dengan gelembung-gelembung udara di permukaannya. Tambahkan pewarna makanan secukupnya.
  5. Panaskan panci kukusan dengan cetakan di dalamnya selama 5 menit, tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh, kukus lagi selama 20 menit. Jangan dibuka sebelum 20 menit.
Tips:
  1. Gunakan tape singkong yang sudah matang dan empuk banget
  2. Jangan membuka air soda sebelum adonan selesai disaring. Apalagi belinya di warung trus minta diplastikin, jangan!!! Mendingan bawa sekalian sama botolnya agar karbonasinya masih ada.
  3. Ketika mencampurkan adonan II dengan adonan I dan III, cek jangan sampai adonan II masih panas karena ragi tape bisa mati.
  4. Jangan mengolesi cetakan dengan minyak, karena bikin bantet dan ngga mekar. Ini berdasarkan percobaan pertama, walau sebenarnya ngga jelas juga bantet gara-gara cetakan dioles minyak atau adonan II kepanasan atau air sodanya udah menguap hehe. Selamat mencoba...