25 Feb 2016

Resep: Pempek Kulit


Lamaa ya ga posting resep...*posting apapun juga hehe... Yang paling malesin dari pempek buatan sendiri adalah bagian  ngerok daging ikan dan menghaluskannya. Namun sekarang tak perlu lagi...karena teman kantor saya menemukan tukang ikan yang bisa sekalian giling di pasar palmerah. Trus saya tinggal titip deh:p #mauenakaja. Beberapa saat lalu saya ditawarin kulit ikan giling...berhubung saya penggemar pempek kulit, tanpa pikir panjang langsung diambil. Harganya hanya 15 ribu an persetengah kilo. Bandingkan dengan tenggiri giling yang per setengah kilonya 50ribu. Yuk intip resepnya

Bahan:
500 gram kulit tenggiri giling
2 butir telur
3 sdt garam
1 sdm gula
3 sdt garam
Penyedap (opsional hehe...)
450 gram tapioka (sisakan sedikit untuk taburan tangan)
2 sdm terigu
200 ml air es

Bumbu dihaluskan:
7 siung bawang putih
4 siung bawang merah


Cara membuat:
  1. Campur kulit ikan, telur, bumbu halus, garam, gula, terigu, dan air es di dalam baskom.
  2. Masukkan tapioka, uleni dengan tangan. Cicipi sedikit sampai asinnya pas. Hasil adonannya memang agak lengket.
  3. Lumuri tangan dengan tapioka, ambil adonan segenggaman tangan, dan pipihkan. 
  4. Goreng dengan api sedang sampai mengapung dan warnanya kuning. Jika ingin disimpan, gorengnya jangan terlalu coklat.

Hasilnya sekitar 30 biji, gede-gede hehe... Makan 3 udah kenyang. Biasanya kalau ngerok ikan sendiri, kulit ikannya saya rebus dulu campur dengan daging ikan sedikit (perbandingan suka-suka) baru dihaluskan. Tapi berhubung ini kulitnya aja udah banyak, engga saya campur daging ikan. Jadi rasanya agak kurang sip, makanya saya tambahin penyedap hehe...dikiit. Hanif ternyata doyan...*biasanya engga. Mungkin karena pake msg hehe... Hanif bilang bukan pempek tapi cireng item haha...mirip cireng memang^^

tangan saia gede yak :p