12 Jun 2024

Resensi: Lebih Muda 20 Tahun


dr. Hans Tandra
Penerbit Andi, 2021
400 halaman


Beberapa waktu lalu, saya menonton reels dr Hans di feed instagram saya. Ia banyak memberikan tips kesehatan mulai dari mengatur makan sampai berolahraga. Penyampaiannya yang menarik membuat saya akhirnya membeli salah satu bukunya...dengan harapan bisa memperkuat motivasi untuk lebih sehat.

Buku ini secara garis besar terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama membahas perubahan yang terjadi pada tubuh seiring bertambahnya umur, bagian kedua mendeskripsikan berbagai gaya hidup sehat yang bisa dijalani dan bagian ketiga menjelaskan tentang berbagai jenis penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia. Meski banyak menggunakan istilah kedokteran, bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami. Alur pernyajiannya pun terasa pas, dengan memulai gambaran perubahan tubuh seiring penuaan, lalu membahas gaya hidup sehat secara detil dan dilanjutkan pembahasan berbagai penyakit disertai pengobatan serta gaya hidup sehat yang sesuai untuk mengatasi penyakit tersebut. Beberapa informasi penting yang perlu perhatian sengaja disajikan dalam kotak sehingga mudah ditangkap mata. Penyampaiannya juga mengalir sama seperti mendengarkan penjelasan dr. Hans di channel Youtube GoodTalk. 

Beberapa tips yang saya ingat adalah 
  1. Pengaturan jam makan, organ tubuh perlu istirahat, sarapan itu penting, makan pagi seperti pangeran makan siang seperti pejabat dan makan malam seperti pengemis haha...maksudnya porsinya ya. Komposisi juga harus lengkap.
  2. Olahraga 30 menit sehari atau 150 menit dalam seminggu. Bisa dimulai dengan berjalan kali 1 jam setelah makan selama 10 menit lalu ditingkatkan bertahap.
  3. Jangan stress, tidak merokok dan melakukan hobi yang membuat bahagia. Karena bahagia itu juga kunci kesehatan.
Banyak banget informasi bermanfaat di buku ini. Tidak perlu menunggu tua untuk membaca buku ini, anak muda pun perlu. Sebaiknya memang tidak dibaca sekali namun dibaca berulang kali sebagai pengingat atau motivasi. Yuk mulai dari langkah kecil merutinkan 30 menit jalan kali setiap hari dan makan benar di jam yang teratur. Semoga istiqomah dan terus semangat sehat.