14 Feb 2016

Resensi:When You Reach Me


Rebecca Stead, Random House, 2009, ebook
Postingan kali ini buku yang sudah saya baca beberapa saat lalu. Walau kerjaan lagi banyak, book is way to escape. Selalu ada waktu untuk baca. Tapi bikin review lain lagi...mendingan tidur hehe.
Buku ini termasuk genre early teens. Tokoh utamanya bernama Miranda berusia 12 tahun dan duduk di kelas 6 SD. Ia tinggal di sebuah apartemen kecil di kota New York bersama ibunya. Sang ibu bekerja sebagai paralegal di kantor pengacara milik Richard, yang juga pacar ibunya. Miranda bersahabat karib dengan Sal, yang tinggal di apartemen yang sama. Mereka selalu berangkat dan pulang bersama dari sekolah, melewati cowok-cowok yang nongkrong di garasi, juga "the laughing man" -tunawisma yang kerap berkeliaran di.pojok jalan-. Hingga suatu ketika saat berjalan pulang sekolah, tiba-tiba salah satu anak yg biasa nongkrong di garasi menghampiri mereka dan memukuli Sal. Sejak saat itu, segalanya berubah. Sal menjauh dari Miranda. Mereka tak lagi berangkat dan pulang bersama, bahkan seperti tak pernah berteman. Suatu hari ketika pulang sekolah, Miranda mendapati pintu apartemennya tidak terkunci dan anehnya tak ada yang hilang. Ternyata kunci cadangan yang disimpan di kotak emergency hilang. Yang lebih aneh lagi Miranda menemukan 4 catatan yang ditujukan padanya dalam jangka waktu berdekatan dan hal-hal yang tertulis di dalamnya terjadi di kemudian hari. Siapakah yang menulisnya untuk Miranda? Mengapa pula di salah satu catatan menyatakan bahwa hidup temannya dalam bahaya?
Saya sudah lama tidak membaca genre anak-anak. Tertarik dengan novel ini karena penghargaan yang diraihnya. Ceritanya terdiri dari bab/segmen pendek, cocok juga untuk yang sedang belajar bahasa inggris. Saya sempat agak bosan di awal karena buku ini menceritakan day-to-day kegiatan Miranda. Lumayan detail karena rentang waktu dalam buku ini hanya 1 bulan. Tapi saya mulai tertarik ketika Miranda menerima note misterius. Siapa nih yang mengirim? Langsung sibuk menerka-nerka sendiri hehe... lalu baru ngeh...kalau Me pada judul When You Reach Me itu merujuk pada pengirim pesan misterius. Endingnya cukup mengejutkan saya karena melibatkan unsur fiksi ilmiah. Dari awal buku ini, hanya disinggung sedikit tentang fiksi ilmiah saat Miranda mengerjakan proyek kelas. Selain itu menurut saya pengungkapannya juga terlalu tiba-tiba, tiba-tiba saja Miranda sadar siapa yang mengiriminya pesan. Saya sampai membaca ulang bab-bab akhir, jangan-jangan ada yang terlewat nih. Tapi salut atas kejutan di ending dan keberanian memasukkan konsep fiksi ilmiah untuk pembaca teens  Mungkin penulisnya sengaja agar bisa jadi bahan diskusi lebih lanjut oleh pembaca muda. Toh konsep yang sama juga diusung film kartun Doraemon dan bisa diterima dengan baik *ups...spoiler. Buku anak-anak dengan rasa ilmiah^^...