20 Apr 2013

Resep: Bolu Marmer (Marble Pound Cake)



Lagi kepengin bikin bolu marmer, cari-cari di internet alamaaak...telornya banyak banget. Saya paling anti bikin kue telor banyak karena selain peralatan yang saya punya ngga muat, juga mengantisipasi sakit hati kalau gagal hehe... Akhirnya ketemulah resep Marble Pound Cake-nya Bunda Ricke Indriani. Awalnya ngga ngeh apaan sih pound cake, ya udahlah ikutin aja resepnya. Tekstur adonannya agak berat, waduuh...firasat buruk bakalan bantat nih. Tapi cake-nya tetap mengembang (dikit) dan empuk juga. Lalu saya cari info tentang pound cake, ternyata pound cake bertekstur lebih padat daripada sponge cake. Baru tahu juga kalau teknik yang biasa saya pakai (gula-telur dikocok mengembang, baru masuk tepung) itu namanya sponge cake hehe... Meski hasilnya enak, Hanif kelihatannya lebih suka sponge cake. Eksperimen kali ini untuk konsumsi emaknya^^. Ini dia resepnya:

Bahan:
3 butir telur utuh
1 kuning telur
150 gram mentega (saya pakai margarin)
100 gram gula pasir
150 gram terigu (saya pakai segitiga biru)
1/2 sdt vanilli
1 sdt baking powder
Pasta coklat/ coklat bubuk secukupnya

Cara:
  1. Kocok margarin sampai lembut, masukkan gula, dan kocok sampai creamy.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok. Lalu turunkan kecepatan mixer dan masukkan terigu, vanilli, dan baking powder. Kocok sebentar, angkat mixer.
  3. Ambil 2 sdm adonan, beri pasta coklat, campur.
  4. Tuang adonan di cetakan (saya pakai happycall yang sudah dioles margarin), ratakan. Tuang adonan coklat di atasnya dan bentuk motif dengan ujung sumpit.
  5. Panggang dengan api kecil banget selama kurleb 8 menit. Saya sengaja tak memanggang balik karena ingin motifnya kelihatan.
  6. Angkat dan sajikan.
Selamat mencoba!!!